Senin, 14 September 2015

BELAJAR ANIMASI MACROMEDIA FLASH

 Animasi pada macromedia Flash di bagi menjadi tiga macam, yaitu Frame by frame, Motion tween,
dan shapes tween.
    Adapun perbedaannyya:
1. Animasi frame-by-frame adalah animasi yang di susun berdasarkan perubahan pbjek pada tip-tiap frame.
    Pada jendela Timeline di tandai dengan dot-dot hitam.
Cara pembuatan animasi:
a. Klik frame 1 layer 1 --> buat objek pertama.
b. Klik kanan frame 2 layer 1 --> insert keyframe.
c. Hapus objek pertama --> buat objek ke 2.
d. Klik kanan frame 3 layer 1 --> insert keyframe.
e. Hapus objek ke 2 -->buat objek yang k 3.
f. Lakukan hingga frame ke 20.
g. Untuk menjalankan animasi tekan Ctrl + enter.
2. Animasi motion tween adalah animasi yang di gunakan untuk mengerakkan atau memindahkan
    sebuah objek dari satu posisi ke posisi yang lain,berdasarkan batas-batas keyframe tertentu.
    Pada jendela Timeline di tandai dengan adanya dua buah keyframe, sebuah panah dengan background
    berwarna biru.
 cara pembuatan animasi:
a. Klik Frame 1 Layer 1 --> buat objek.
b. Klik kanan Frame 1 Layer 1 --> Create Motion Tween.
c. Klik kanan Frame 15 Layer 1 --> Insert Keyframe.
d. Pindahkan objek ke posisi lain.
e. Untuk menjalankan animasi tekan Ctrl + enter.
3. Animasi Shape tween adalah animasi yang di gunakan untuk mengubah sebuah objek dari satu
    bentuk ke bentuk yang lain atau mengubah pewarnaan sebuah objek dari satu warna yang lain.
    Pada jendela Timeline di tandai dengan adanya dua buah keyframem sebuah panah dengan
    background berwarna hijau.
Cara pembuatan animasi:
a. Klik Frame 1 Layer 1 --> buat objek pertama.
b. Klik kanan Frame 20 Layer 1 --> Insert Keyframe.
c. Klik frame antara 1-20 (misalnya frame 10) --> buat property.
Cara pembuatan animasi:
a. Tentukan jenis animasi Shape pada bagian Tween:
b. Klik Frame 20 Layer 1 --> buat objek kedua.
c. Untuk menjalankan animasi tekan Ctrl+Enter.
                                             
Animasi frame-by-frame pada jendela timeline
Animasi motion tween pada jendela Timeline
Animasi Shape Tween pada jendela Timeline
Jendela Properties bagian Tween Shape

BELAJAR ANIMASI MACROMEDIA FLASH 
         
Langkah pertama anda harus memiliki program Macromedia Flash 8,
pastikan anda sudah memiliki program Macromedia Flash 8.
pengenalan Macromedia Flash 8:
  







A.MEMBUAT LAYER
     Layer merupakan halaman transparan, sebagai tempat keberadaan berbagai objek,
baik berupa bangun maupun teks. Setiap layer memiliki frame,dan masing-masing frame
dapat di tempati sebuah objek.
    Adapun langkah-langkah membuat layer adalah:
1. Klik simbol insert layer
2. Tampak penambahan layer layer 2.
3. Untuk mengganti nama layer baru,lakukan klik kiri dua kali pada layer2.













4. Untuk menghapus sebuah layer,caranya:
    a. Klik layer yang akan di hapus,misalnya layer2.
    b. Klik simbol delete layer. 
B. MEMBUAT OBJEK
          Sebelum membuat objek pada area kerja, tentukan terlebih dahulu letak
frame dan layer yang akan di tempati objek tersebut, misalnya klik frame 1 layer1 .
Selanjutnya membuat objek menggunakan tool-tool yang tersedia dalam toolbar.
Caranya pilih salah satu tool kemudian drag ke area kerja..
          Adapun pilihan tool untuk pembuatan objek adalah:
1. Untuk Membuat Garis,gunakan Line tool,kemudian pilih warnam ukuran, dan jenis
    garis pada panel Properties.



2.Untuk mebuat segi empat gunakan Rectangle tool,kemudian pilih warna,ukuran,
    dan jenis garis pada panel properties.
3. Untuk membuat lingkaran gunakan oval tool, kemudian pilih warna, ukuran, dan jenis garis
     pada panel Properties.
4. Untuk Membuat Teks, Gunakan Text tool, kemudian pilih jenis font, warna, ukuran,
    dan perataan pada panel properties.
    
                                                                  panel properties
C.MEMBUAT SIMBOL 
    Simbol dapat berupa Movie Clip, Button dan Graphic. Setiap simbol mempunyai
komponen layer, frame, dan area pembuatan objek.
    Adapun langkah-langkah membuat simbol adalah:
1. Klik insert-New Simbol
                                                        
langkah pembuatan simbol baru
2. Tampak kotak dialog Create New Symbol.
                                                        
kotak dialog Create New Symbol
3. Tentukan nama simbol pada bagian  Name:, pilih salah satu jenis simbol
    pada bagian Type:(Movie clip untuk simbol animasi, Button untuk tombol, dan
   graphic untuk grafik/teks).
4. Kemudian tekan OK.











Tidak ada komentar:

Posting Komentar